Selasa 02 Januari 2018, bertempat di ruang aula Pengadilan Agama Mojokerto diadakan acara penetapan Role Model di Lingkungan Pengadilan Agma Mojokerto berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Mojokerto Nomor : W13-A15/4262/KP.05.5/SK/XII/2017 Tanggal 28 Desember 2017 tentang Penetapan Role Model Hakim, Pegawai Kepaniteraan, Pegawai Kesekretariatan Dan Tenaga Kontrak Di Lingkungan Pengadilan Agama Mojokerto. Role Model bisa didefinisikan sebagai Role Model biasa didefinisikan sebagai “person who serves as an example, whose behavior is emulated by others”. Dengan demikian, Role Model adalah orang yang menjadi contoh, dimana perilaku orang tersebut diikuti oleh orang lain. Dalam bahasa agama, Role Model setara maknanya dengan uswatun hasanah atau teladan yang baik.

Dalam sebuah organisasi, keteladanan pimpinan menjadi salah satu faktor terpenting untuk mengubah perilaku dan budaya kerja. Selain memiliki kewenangan untuk memberi instruksi, pimpinan organisasi juga dapat menanamkan nilai-nilai positif kepada bawahannya melalui perilaku sehari-hari di tempat kerja. Dengan demikian, pimpinan diharapkan mampu menjadi Role Model bagi orang-orang yang dipimpinnya.

Role Model merupakan agen perubahan (agent of change). Dengan menjadi Role Model, seorang pimpinan, pejabat maupun pegawai memiliki satu atau beberapa aspek yang menonjol, konsisten, dan berusaha mempromosikannya kepada para bawahan maupun anggota organisasi lainnya dalam setiap kesempatan. Karena itu, selain menjadi inspirator, seorang Role Model adalah juga motivator bagi para bawahan dan anggota organisasi lainnya. Nilai-nilai positif yang dikembangkan Pengadilan  Agama Mojokerto untuk mengembangkan perilaku dan budaya kerja adalah implementasi profesionalisme, integritas dan kejujuran pada setiap unit kerja.

Agar tiap-tiap nilai positif tersebut dapat terintegrasi dengan baik, maka perlu ada Pegawai yang menjadi Role Model dalam setiap unit kerja. Adapun nama-nama sebagai Role Model adalah sebagai berikut

  1. Dari Hakim adalah Eny Rianing Taro, S.Ag., M.Sy
  2. Dari Bidang Kepaniteraan adalah Supardi, S.H., M.H.
  3. Dari Bidang Kesekretariatan adalah Siti Nurul Jannah
  4. Dari Tenaga Honorer adalah Achmad Sulasmono, S.T

Semoga dengan ditetapkannya roll model ini bisa memotivasi kinerja seluruh aparatur Pengadilan Agama Mojokerto menjadi lebih dan lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Amin.