Senin, 21 Mei 2018 bertepatan dengan tanggal 5 Ramadhan 1439 H, diadakan Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke – 110 Tahun 2018 di halaman Pengadilan Agama Mojokerto. Upacara ini digelar untuk menindaklanjuti Surat Edaran Mahkamah Agung Republik Indonesia, Nomor ; 289/SEK/KS.00/05/2018 tanggal 18 Mei 2018. Upacara dimulai pukul 08.00 WIB dengan tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia di Era Digital”, diikuti oleh seluruh Karyawan dan Karyawati Pengadilan Agama Mojokerto yang  dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Mojokerto.

Ketua Pengadilan Agama Mojokerto membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri. Agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia,

Kebangkitan Nasional tahun 1952 mengatakan bahwa : “pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu ‘ide’, satu naluri pokok dari pada bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin merdeka, naluri pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan sebagai bangsa. Cara baru itu ialah cara mengejar sesuatu maksud dengan alat organisasi politik, cara berjuang dengan perserikatan dan perhimpunan politik, cara berjuang dengan tenaga persatuan.

Seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yg besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurna, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pehlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Keringan dan darah pendahulubangsa telah enjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

Kalau sekarang bangsa ini punya hampir segala yang di butuhkan, seharusnya kita terinspirasi bahwa dengan kondisi embrio bangsa seabad lalu yang berada dalam rundungan kepapaan pun, kita telah mampu menghasilkan energy yang dasyat untuk membawa kepada kejayaan. Apalagi kini, ketika kita jauh lebih siap, tak berkurangan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-llO. Mari maknai peringatan tahun ini di
lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk
semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia,
terutama generasi muda, yang akan rnembawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang. Tim IT