Semarak hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 yang jatuh pada hari Kamis tanggal 17 Agustus 2017. Banyak acara untuk meramaikan hari ulang tahun bangsa Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus, salah satunya dengan mengadakan perlombaan-perlombaan. Seringkali perlombaan di hari menjelang kemerdakaan Republik Indonesia, selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat seluruh wilayah Republik Indonesia dan juga pegawai Pengadilan Agama Mojokerto. Sesuai dengan agenda yang dijadwalkan Pengadilan Agama Mojokerto mengadakan perlombaan-perlombaan diantaranya memasukkan pensil dalam botol, lari sendok kelereng, tusuk balon dan pindah karet.

Untuk lomba hari pertama telah dimulai pada hari Jum’at 04 Agustus 2017 jam 07.30 WIB bertempat di halaman gedung  Pengadilan Agama Mojokerto, yaitu memasukkan pensil dalam botol dan  pindah karet.

Acara perlombaan berlangsung sangat meriah ini diikuti oleh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Mojokerto dan karena pada hari Jum’at masih terdapat pelayanan untuk para pihak sehingga acara ini diakhiri pada pukul 09.00 WIB.